Sabtu, 29 September 2012

Insomniac Games Akui Mudah Tinggalkan Spyro


Insomniac Games Akui Mudah Tinggalkan Spyro
Berbicara mengenai Insomniac Games, mungkin nama game yang pertama kali kita sebut adalah Ratchet & Clank. Suatu hal yang wajar, mengingat mayoritas game yang mereka kembangkan memang Ratchet & Clank. Tapi apakah Klikers masih ingat dengan seekor naga ungu yang merupakan salah satu game pertama yang dikembangkan oleh Insomniac Games, Spyro the Dragon? Mungkin cukup adil untuk mengatakan kalauSpyro the Dragon merupakan awal dari kesuksesan Ratchet & Clank di luar sana.
Nah, dengan kehadiran game keempat Spyro yang dibesut oleh Toys for Bob dan diluncurkan oleh Activision, Skylanders: Spyro's Adventure, Insomniac Games memberikan sedikit tanggapannya. Dalam sebuah wawancara terbaru dengan John Fiorito, salah satu orang penting di Insomniac Games, ia menuturkan sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan, "Sangat menarik, karena kalau melihat ke belakang, seandainya waktu itu Toys for Bob mengembangkan game keempat ini dan mereka telah mengembangkan game yang cukup sukses dan membuat kami terpana, mungkin saya akan merasa tidak enak. Masalahnya, mudah sekali untuk meninggalkan game tersebut."
Ketika pertama kali mengembangkan Spyro, ternyata tim developer yang terlibat hanya berisi sekitar 10 sampai 25 orang saja, sebuah jumlah yang sangat kecil. Tapi hebatnya, dengan jumlah yang sedikit itu, mereka masih bisa terus menelurkan tiga game Spyro. Tidak heran kalau mereka pun mulai merasa lelah dengan Spyro. "Saya rasa, mengerjakan tiga game dalam waktu tiga tahun, itu tidak ada hentinya. Rasanya menyenangkan sekali bisa mengerjakan sesuatu yang berbeda. Walau begitu, Insomniac tidak selalu menyukai apa yang telah dilakukan dengan game-game lainnya."
"Kalau kalian bertanya kepada saya, bagaimana perasaan saya melihat developer lain mengembangkan game tersebut setahun yang lalu, saya mungkin akan berkata seperti ini, 'Yah, lihat apa yang terjadi pada franchisebodoh itu. Hasilnya malah jadi sampah,'" tutur Fiorito. "Tapi jelas, seseorang sudah berhasil mengerjakannya dengan sangat brilian." Ditambahkan pula oleh Fiorito bahwa ia sangat berharap bisa menjadi salah satu bagian kesuksesan Skylanders. "Benar-benar sebuah gagasan yang keren sekali, tapi sayangnya konsep tersebut tidak mungkin berhasil ketika kita masih mengembangkan Spyro. Ini seperti peribahasa di tempat yang tepat pada waktu yang tepat." Untunglah Fiorito tidak lantas merasa dendam dengan Toys for Bob. Lagipula, memang sudah keputusan Insomniac untuk meninggalkan Spyro dan lebih fokus pada Ratchet & Clank. Jadi kalau ada developer lain yang berhasil menghidupkan, tidak ada salahnya kan? =D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar